Ground Breaking BLK, Komisi IX DPR-RI: Semoga Kesejahteraan Masyarakat Terwujud

Ground Breaking BLK, Komisi IX DPR-RI: Semoga Kesejahteraan Masyarakat Terwujud

CIREBON - Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, salah satunya dengan membangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi IX DPR RI, Hj Netty Prasetiyani Heryawan saat melakukan meletakan batu pertama pembangunan BLK Komunitas di Kampung Baru, RW01 RT 07, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (4/11).

Kepada radarcirebon.com, Netty mengatakan, pembangunan BLK Komunitas ini merupakan program kemitraan antara Komisi IX DPR RI dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI.

\"Pembangunan BLK Komunitas ini juga menggandeng Yayasan Siti Hajar. BLK Komunitas ini sesuai dengan namanya, memang diberikan kepada yayasan yang memenuhi syarat pendirian BLK,\" kata istri mantan Gubernur Jawa Barat ini.

Menurut Netty, salah satu syarat yang harus dimiliki yayasan untuk mendapatkan BLK ini diantaranya memiliki luas tanah 500 meter persegi.

\"Kemudian juga memiliki sertifikat dan mempunyai kelengkapan pengurus serta siap mengikuti petunjuk teknis yang sudah dibuat oleh Kemenaker RI,\" ujarnya.

Netty berharap, BLK Komunitas tersebut menjadi pusat belajar masyarakat di Kelurahan Kesenden.

\"Sebab,  pelatihan yang diberikan pemerintah berlangsung satu sampai dua tahun saja. Selebihnya harus membangun jejaring, bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar berbagai jenis pelatihan bisa diselenggarakan di BLK ini. Sehingga, sekali lagi masyarakat bisa dilejitkan potensinya. Kemudian berdaya secara ekonomi dan mandiri secara ekonomi. Harapan utama memang terwujudnya kesejahteraan masyarakat,\" tuturnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden, Rulliyanto berterima kasih dan mengapresiasi Kemenaker dan Netty yang telah bekerjasama dengan Yayasan Siti Hajar yang membangun BLK Komunitas di Kelurahan Kesenden.

\"Saya berharap agar ada sinergitas antara BLK dengan program pemberdayaan yang ada di tingkat kelurahan. Sehingga ke depannya akan memiliki kebermanfaatan. Kita (Kelurahan Kesenden, red) juga akan coba menaik kelaskan pelaku usaha dan keterampailan di kelurahan sehingga bisa berdaya saing dalam hal pengembangan usaha dan sekaligus menghadapi era digilitasi ke depan,\" tuturnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: